blueprint-business

Cara Membuat Cetak Biru Untuk Membangun Bisnis Online

Tertarik untuk memulai bisnis online sendiri, tetapi tidak yakin bagaimana dan dari mana memulainya?

Banyak orang yang mencoba memulai bisnis online, tapi dengan cepat mengalami “gulung tikar” karena mereka tidak memiliki rencana bisnis yang baik dan jelas sebagai panduan awal.

Untuk pebisnis online yang masih pemula masalahnya menjadi semakin besar ketika dia sadar ada begitu banyak informasi di internet yang mudah didapatkan yang justru bisa memenuhi pikiran mereka dengan informasi-informasi itu dan akhirnya menjadikannya bingung.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda terapkan untuk lebih mempermudah usaha untuk memulai bisnis di internet.

Salah satu langkah yang sangat baik adalah dengan membuat cetak biru bagi Anda untuk bisa membangun bisnis online dengan mudah. Masalah ini sudah sering dianjurkan oleh mara Guru internet marketing, saya pun dulu mengetahuinya juga dari sebuah panduan yang saya beli. Sebelumnya saya “serabutan” aja dalam memulai sebuah usaha di internet, namun setelah mengenal petunjuk dalam panduan tersebut akhirnya berangsur kegiatan bisnis online saya mulai tertata.

Saya ingin share pengalaman saya dalam membuat cetak biru rencana bisnis online saya dulu.

Apa yang saya share disini juga berdarkan apa yang saya pelajari dulu. Simak catatan langkah-langkah saya dulu berikut ini:

1. Mencari pangsa pasar yang diminati.

Sebuah ceruk pasar merupakan fokus kita yang pertama untuk mendapatkan pelanggan potensial. Contohnya ceruk pasar Anda adalah tentang fotografi. Jika Anda adalah seorang fotografer, Anda bisa terus menelusuri lebih dalam di pasar yang lebih luas dan mulai menentukan ceruk pasar untuk penjualan (misalnya) kamera Canon type tertentu. Didalam ceruk pasar tersebut konsumen potensial yang bisa didapatkan pastinya adalah para fotografer. Sekarang Anda memiliki target pasar yang sangat kuat yaitu para fotografer yang mencari kamera anda tersebut, sehingga nantinya pada merekalah Anda bisa promosikan produk Anda.

2. Lakukan riset sederhana.

Yang paling penting, setelah anda menemukan ceruk pasar sasaran anda, lakukan riset untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dalam ceruk pasar Anda tersebut! Disana pasti ada masalah, nah apa solusi yang Anda miliki untuk memecahkan masalah mereka? Apakah pasar ini mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk Anda? Seberapa besar tingkat kebutuhan pasar Anda. Sebaiknya Anda juga coba mencari di Google semua hal tentang pasar Anda.

3. Bagaimana mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual kepada pasar Anda?

Anda akan pilih Iklan gratis atau yang berbayar jika harus mempromosikan produk anda? Jika baru pertama kalinya untuk Anda dan dana Anda tergolong kurang, maka mulailah dengan iklan gratis. Iklan gratis bisa berupa menulis artikel dan mengirimkannya ke direktori artikel, membuat sebuah blog gratis dan memposting artikelnya setiap hari, posting di forum, press release gratis atau bisa juga dengan iklan baris gratis. Karena bisnis online baru Anda dimulai dan Anda baru mulai mendapatkan keuntungan.

Jika anda telah bisa memiliki keuntungan untuk pertama kalinya, maka investasikan kembali keuntungan yang Anda dapatkan itu ke bisnis Anda untuk membantu bisnis Anda tumbuh besar lebih cepat. Lalu mulailah menggunakan beberapa iklan berbayar dengan investasi anda tersebut, seperti iklan PPC (pay per click) atau iklan banner. Ada banyak cara untuk beriklan dan banyak artikel yang ditulis tentang promosi, anda bisa mencarinya di google. Sehingga saya tidak akan membahasnya lebih rinci di sini.

4. Melakukan Tes dan Ukur

Jika anda sudah mulai menggunakan iklan berbayar, maka anda bisa bandingkan berapa yang sudah Anda bayar untuk iklan pay per click dengan hasil penjualan Anda. Jadi, misalnya Anda menjual produk seharga Rp 30.000,- dan Anda membayar Rp 500,- per klik, dan rasio penjualan Anda adalah 1:60 (1 penjualan dari 60 klik), artinya Anda tidak menghasilkan uang. Ini akan membuang waktu Anda, untuk itu setelah anda tahu bahwa metode iklan pertama kurang sukses, maka anda harus merubah strategi iklan anda sehingga rasio penjualan anda bisa meningkat.

5. Just Action and Keep Action!

Ini seperti iklan Nike, “Just Do It”. Anda sekarang sudah memiliki ceruk pasar, Anda memiliki produk, Anda tahu bagaimana Anda akan beriklan dan Anda tahu semua biaya yang Anda keluarkan. Maka jangan terganggu lagi oleh hal-hal lain yang bisa meghambat perjalanan bisnis anda. Selalu actionkan apa yang muncul dalam pikiran dan rencana anda, terus lakukan sambil selalu menjalankan Tes dan Ukur… setelah dapat cara yang lebih baik, maka Keep Action aja terus jangan berhenti sampai menemukan kembali cara yang lebih baik untuk mengembangkan usaha anda.

Nah, itu catatan kecil saya saat mulai serius membangun bisnis di internet.

Sekarang bagaimana cerita anda saat awal dulu memulai berbisnis online? Ceritakandi komentar anda ya….

4 thoughts on “Cara Membuat Cetak Biru Untuk Membangun Bisnis Online

  1. Terima kasih informasinya mas. saya sudah lama berbisnis online, tapi belum menghasilkan secara optimal, informasi ini sangat bermanfaat. mohon doanya mas moga bisnis online saya lancar dan berkah.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>