Tempat Dimana 14 Situs Web Sukses & Terkenal di Dunia Pertama Kali Dibuat (Part-1)

Agak lama saya tidak memposting tulisan lagi di blog ini, hal itu dikarenakan sekarang ini saya tengah sibuk melakukan penyusunan materi Video Training yang membahas tentang Marketing di Facebook. Ini adalah produk digital terbaru saya yang akan segera lounching dan akan menjadi produk digital pertama saya dalam format Full Video dan Audio Book (produk saya lainnya berupa Ebook).

Format tersebut sengaja saya pilih untuk menjawab permintaan beberapa orang yang meminta agar dibuat sebuah Tutorial dalam bentuk Video Training, karena kadang mereka merasa malas kalau harus membaca Ebook, apalagi untuk membacanya harus menggunakan komputer (beda dengan buku).

Tahukah anda… disaat kesibukan saya menyusun materi produk digital terbaru saya tersebut, saya terfikir (lebih tepatnya “terbersit” dalam pikiran saya) tentang para pemilik bisnis online dunia yang telah sukses dan hasil karyanya kini digunakan oleh orang di seluruh dunia. Yang terlintas dalam pikiran saya bukan tentang produknya… tapi dimana mereka membuat hasil karya mereka tersebut, dimana awalnya tempat mereka bekerja untuk memulai dan membangun usaha mereka di internet, dimana seperti apa “kantor” atau tempat kerja mereka saat awal dulu membangun bisnis mereka?

Apakah seperti tempat saya membangun bisnis saya ? ataukah lebih bagus ? atau malah lebih “parah” kondisinya ? :)

Nah, terdorong oleh rasa keingintahuan tersebut, akhirnya saya mencari-cari tahu tentang dimana saja tempat para pemilik bisnis online atau situs terkenal tersebut awalnya memulai membangun bisnis mereka. Yang kini situsnya telah menjadi sumber kesuksesan mereka sampai saat ini. Dan akhirnya saya menemukan apa yang saya inginkan tersebut, dan disini saya ingin menunjukkan pada anda dimana tempat para pemilik bisnis/situs online memulai membangun usaha dan karya mereka yang terkenal hingga kini. Ada 14 orang pemilik bisnis online yang coba saya tunjukkan disini, saya akan tunjukkan dimana “tempat kerja” mereka dulu saat awal membangun bisnis mereka.  Di Kantor yang eksklusif kah… di Kamar tidur kah… di Dapur… atau dimana lagi ?

OK… ini dia tempat-tempat para pemilik bisnis di internet saat mereka baru membangun usaha dan karya mereka dulu. Cekidot..!! :)

 

Website: Google
Pendiri: Larry Page & Sergey Brin
Tempat memulai : Dalam sebuah Garasi dirumah

tempat ggogle dibangun

Larry dan Sergey mulai membangun situs bisnisnya (search engine) tersebut dengan nama BackRub. Bermodalkan sebuah komputer butut (untuk ukuran saat ini), dan memanfaatkan Garasi rumah mereka sebagai tempat kerja.

Setelah beberapa lama kemudian Larry dan Sergey memutuskan bahwa situs mesin pencari BackRub membutuhkan nama baru. Setelah beberapa brainstorming, mereka memutuskan untuk mengganti nama BackRub dengan Google. Terinspirasi oleh sebuah permainan kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 yang diikuti oleh 100 nol.

Penggunaan istilah ini mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah tak terbatas yang tentang informasi yang tersdia di web mereka tersebut. Dan seperti anda tahu sekarang, bahwa Google memang “memiliki” dan mampu memberikan jumlah informasi tak terbatas pada pengguna internet seluruh dunia yang sedang mencari informasi di internet.

 

Website: Facebook
Pendiri: Mark Zuckerberg
Tempat memulai: Di kamar asramanya di Harvard University

tempat facebook dibangun

Kelahiran Facebook sebenarnya juga berhubungan dengan selera hacking Zuckerberg. Awalnya dia membuat situs tersebut dikamarnya sebagai sebuah tugas kuliah. Karyanya dibangun dari sebuah kamar yang berantakan (ala anak lelaki). Dia menjadi pusat perhatian ketika dia menolak tawaran $ 1 miliar dari Yahoo. Kemudian ia lebih memilih kontrak senilai $ 240 juta dolar dari Microsoft, Microsoft memberikan 1,6% saham di Facebook yang akhirnya meningkatkan penilaian menjadi $ 15 milyar. Sebuah keputusan yang cerdik dari Mark. :)

 

Website: PopCap Games
Pendiri: John Vechey, bersama dengan Brien Fiete dan Jason Kapalka
Tempat memulai : Di kantornya

pop cap games

John Vechey, bersama dengan Brien Fiete dan Jason PopCap Games Kapalka mendirikan game PopCap pada tahun 2000. Mereka sebelumnya bekerja dengan situs permainan di internet seperti Flipside dan Pogo. Game pertama mereka menjadi produk “Bejeweled”, yang menjadi hit besar, dan menerima sejumlah penghargaan.

 

Website: Digg
Pendiri: Kevin Rose
Tempat memulai: Dalam kamar apartemennya.

tempat digg dibangun

Kevin memilih nama “Digg”, karena pengguna dapat “menggali” cerita, dari yang diajukan, sampai ke halaman depan situs asli. Situs itu disebut “Digg” bukannya “Dig” karena nama domain “dig.com” sebelumnya telah didaftarkan oleh Walt Disney Internet Group. Nama Digg untuk situsnya tersebut dianggap begitu simple dan mudah diingat. Apakah se-simpel kondisi kamarnya..?? :)

 

Website: Runescape
Pendiri: Andrew Gower
Tempat memulai: sebuah kamar tidur di rumah orangtuanya di Nottingham.

tempat runescape.com dibangun
Andrew memang telah mengenal bahasa pemrograman sejak masa kecilnya. Dia memiliki kegemaran main game penjara bawah tanah. Dia awalnya mulai Runescape sebagai hobi, dan kemudian menghasilkan uang dari situsnya tersebut dan ternyata kini kegemaran tersebut telah menjelma menjadi sebuah usaha bisnis yang sukses spektakuler.

 

Website: Threadless
Pendiri: Jack Nickell dan Yakub DeHart
Tempat memulai bisnis: Dari sebuah apartemen

tempat Threadless dibangun
Jack Nickell bersama-sama dengan Yakub DeHart adalah orang yang putus kuliah. Mereka mulai Threadless ketika mereka masih bekerja pada pekerjaan tetap mereka sebelumnya. Mereka memiliki beberapa sponsor yang mau menginvestasikan $ 500 sebagai investasi awal pada mereka. Sekarang usaha mereka telah memiliki pendapatan tahunan sampai sebesar $ 50 juta.

 

Website: Biz Chair
Pendiri: Sean Belnick
Tempat memulai: Dari kamar tidur pribadi

kantor Bizchair
Dia mulai bisnis jual beli produk furniture dengan modal $ 500, dengan persediaan awal 50 produk. Dia menjual perabot kantor, perabot rumah, perabot sekolah dan peralatan medis di toko online. Sekarang usaha tersebut telah memiliki 75 karyawan dan menjual lebih dari 25.000 produk mereka secara online.  Microsoft, Google dan American Idol adalah satu di antara beberapa dari klien terkenal mereka.

Woo..woo..woo, sekarang anda tahu bukan tempat-tempat “bersejarah” bagi terbentuknya situs-situs web terkenal di dunia sekarang ini. Yang kini situs bisnis tersebut telah menjadi aset berharga milyaran rupiah. Namun dibangun di sebuah tempat yang begitu sederhana, bahkan mungkin jauh dari kesan “formal” layaknya kantor perusahaan.

Masih ada “7 tempat bersejarah” lagi dimana dari tempat-tempat tersebutlah sebuah bisnis di internet dulu awalnya dibangun. Apakah kondisinya juga sama seperti 7 tempat sebelumnya? Di kamar..di garasi..di ruang apartemen… atau lainnya?. Hemmm… mungkin lebih parah dari itu.

Saya akan postingkan informasinya di postingan saya selanjutnya. Bukannya saya mau sepotong-potong dalam memberikan informasi… atau ingin agar anda kembali lagi kesini sehingga saya membaginya dalam 2 postingan. Tapi karena semata-mata… wuiih..bakal panjang sekali postingan di Blog ini nantinya untuk satu artikel. Coba anda perhatikan… baru mengulas 7 dari 14 situs saja sudah sepanjang ini, apa anda tidak akan bosan kalau artikelnya terlalu panjang? :) .

Anda boleh tidak kembali ke Blog ini nantinya, dan saya pastikan anda akan ketinggalan informasi yang lebih inspiratif dan spektakuler. Bukan saya lho yang rugi… tapi pastinya selain saya.. :) .

Setelah anda membaca informasi dalam postingan saya kali ini, yang tidak boleh anda lakukan adalah : Tidak memberikan Komentar!! :)Untuk itu sebelum meninggalkan blog…silahkan tinggalkan komentar anda di bawah, sehingga saya juga bisa mengunjungi blog anda.

Pasti Bermanfaat… Keep ACTION.

Leave a Reply