Berbagai Jenis Kerjasama Bisnis – Join Venture Opportunity

Joint venture bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah bentuk kerja sama. Diambil sebuah contoh ada dua orang yang mempunyai karakter yang berbeda namun ingin membentuk sebuah kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Akhirnya meraka sepakat untuk melakukan kerjasama untuk melakukan sesuatu  bersama-sama demi keuntungan mereka.

Anda pasti sebenarnya juga pernah melakukannya…

Apabila Anda mempunyai suatu produk yang bisa dipasarkan, dan Anda mempunyai teman yang mempunyai daftar nama yang sesuai dengan produk Anda. Tawarkan kerjasama pada teman Anda dan buat perjanjian pembagian keuntungan 50 : 50 misalnya dan teman Anda akan mendapat keuntungan 50 %.

Dengan saling bekerjasama, keduanya akan untung. Yang satu melengkapi yang lainnya dan keduanya dapat maju bersama sekaligus. Bekerja sama dengan orang lain akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan. Cara inilah yang dinamakan Joint Venture (JV).

Di dalam bisnis berbasis internet, Anda dapat menggunakan cara joint venture untuk membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ada beberapa jenis joint venture yang dapat memberikan saling keuntungan buat kita. Namun disini saya hanya akan menyampaikan 4 saja diantaranya yang saya kenal.

1.  JV Affiliate

Ini yang paling sering kita kenal dalam dunia bisnis online. Yang menggunakan model kerjasama seperti ini adalah institusi bisnis/perseorangan yang bertujuan untuk mengarahkan konsumennya kepada situs penjual produk yang bekerjasama dengannya dengan tujuan agar memperoleh imbalan.

Perusahaan atau pemilik produk akan membayar para affiliate mereka setiap kali ada pengunjung yang mengklik situs web afiliasi dan melakukan proses transaksi untuk sebuah produk.

2.  JV Advertising

Kerjasama ini dilakukan oleh perusahaan yang menawarkan content dan jasa kepada para pengunjung situs dan sekaligus menawarkan pemasangan iklan kepada para pelaku bisnis yang ingin menjangkau para pengunjung situs. Dapat dilihat pada model siaran televisi, para pemirsa menikmati pertunjukan acara TV yang ditayangkan itu berkat hasil dari biaya iklan.

Bila diterapkan dalam dunia online, contoh adalah situs berita Detik.com yang sampai sekarang mampu terus berjalan dari hasil iklan disitus mereka.

3.  JV Commission Model

Kerja sama ini biasanya dilakukan oleh perantara atau user. Komisi yang diberikan biasanya dibebankan pada setiap transaksi. Contoh Jenis kerja sama yang seperti ini adalah seperti Paypal, dimana dia bekerjasama dengan kita dalam pelayanan transaksi pembayaran, dan dia mendapatkan komisi tertentu dalam setiap transaksi kita yang besarnya beragam

4.  Subscription Mode

Kerja sama ini biasanya dilakukan oleh sebuah institusi bisnis dengan menetapkan suatu biaya yang berhubungan dengan penyediaan berbagai jasa yang mempunyai sistem membership subcribtion. Kerja sama ini biasanya dilakukan oleh provider internet yang bertujuan untuk melayani konsumennya dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan.

Contohnya adalah perusahaan penjual hosting, situs belajar bisnis online seperti Asian Brain, dls. Yang menerapkan sistem pembayaran berkala tiap waktu tertentu. Dan para JV mereka juga akan mendapatkan komisi mereka secara berkala pula.

Nah, semoga artikel pendek tentang Join Venture ini bisa menambah pengetahuan anda tentang berbagai bentuk kerjasama dalam bisnis online khususnya… walau sedikit :).

Apa anda punya tambahan informasi tentang Join Venture? yang sudah pernah anda lakukan mungkin….

Ayo share bareng disini…

 

Leave a Reply