Inilah Tempat Dimana 14 Situs Web Sukses & Terkenal di Dunia Pertama Kali Dibuat (Part-2)

Menyambung postingan terakhir saya di blog ini beberapa hari yang lalu. Hehehe… karena kesibukan menyusun materi untuk produk video training Facebook Marketing, jadinya baru sekarang bisa memposting kelanjutannya. Karena kesibukan itu juga saya jadi agak “sak karep’e dewe (semaunya sendiri)” dalam memposting artikel di blog ini… maaf ya. :)

Dipostingan sebelumnya saya telah mengulas tentang 7 situs dan dimana tempatnya dulu dibangun pertama kali sehingga bisa sangat terkenal sampai sekarang. Dan kini masih ada 7 lagi situs dan tempat “bersejarah” yang akan saya sampaikan pada postingan kali ini. Beberapa diantaranya seperti You Tube dan eBay, tentunya anda kenal 2 situs tersebut. Namun anda pastinya belum tahu dimana situs-situs tersebut dulunya pertama kali dibangun bukan? Sehingga bisa sebegitu terkenal dan besar seperti sekarang ini.

Baiklah… inilah 7 situs terkenal berikutnya dan tempat dimana mereka dibangun.

Website: Plenty Of Fish
Pendiri: Markus Frind
Tempat memulai : Di kantornya

Plenty of fish.com
Kembali pada tahun 2001 setelah ulang tahun seseorang di kantor memperkenalkannya kepada situs kencan online. Dia kembali ke mejanya dan mengecek Udate.com, Kiss.com, dan Lavalife.com (web personals). Dia bosan dan ingin chatting dengan orang-orang disana. Dia benar-benar kesal ketika dia tahu bahwa dia harus membayar untuk segala sesuatu, ia akhirnya memberitahu para gadis di internet dan memperkenalkan kepada mereka situs yang ia buat dan bisa berbuat lebih baik serta bisa mereka ikuti secara gratis, dari sinilah ia kemudian membuat Plentyoffish.com

Website: YouTube
Pendiri: Chad Hurley
Tempat memulai : Di kantornya

youtube
Setelah menjalani sebuah pesta makan malam, di mana Hurley dan Chen ingin menciptakan cara yang lebih mudah untuk berbagi video acara mereka, mereka segera pergi untuk bekerja di kantor menciptakan jawabannya. ”Pada bulan Februari, kami mulai mengembangkan produk,” kata Hurley. “Pada bulan Mei, kami telah preview publik pertama kami. Dan pada bulan Desember, kami resmi meluncurkan YouTube. Pada waktu itu kami melayani lebih dari tiga juta video sehari”. Itu adalah kata-kata Hurley yang menunjukkan bahwa betapa besar minat orang lain terhadap YouTube untuk berbagi video dengan seluruh orang di dunia.

Website: FastHost
Pendiri: Andrew Michael
Tempat memulai : Dari kamar tidur

FastHost
Sebagai seorang remaja Michael menjadi multi-jutawan setelah menjual berbagai proyek bisnis internet yang ia mulai. Dia mulai memperkenalkan Fasthosts sebagai sebuah proyek internetnya yang keenam di usia 17. Dengan hanya melalui penjualan Fasthosts, kekayaan Michael telah meroket sampai £ 47m

Website: WhatEverLife
Pendiri: Ashley Qualls
Tempat memulai : Di dapurnya .

What ever life
Memulai usahanya pada usianya yang baru 14 tahun pada tahun 2004. Dan dengan modal hanya $ 8 untuk membeli sebuah nama domain, dan sebuah komputer tua. Dia tidak tahu bahwa dia sedang memulai bisnis pada saat itu, ia hanya bertujuan untuk menciptakan cara yang mudah untuk berbagi MySpace dengan teman-temannya dengan latar belakang desainnya sendiri. Ia tidak menyangkka bahwa begitu banyak yang berminat untuk berbagi desain latar untuk MySpace di situsnya tersebut.

Website: LinkedIn
Pendiri: Reid Hoffman
Tempat memulai : Di ruang tamu

linked in
LinkedIn resmi didirikan pada tahun 2003. Situs ini diluncurkan pada 5 Mei (disebut oleh karyawan sebagai “Cinco de LinkedIn”). Pada akhir bulan pertama beroperasi, LinkedIn memiliki total 4.500 anggota dalam jaringan. Kantor “nyata” pertama LinkedIn berada di Shoreline Jln. Mountain View.

Website: eBay
Pendiri: Pierre Omidyar
Tempat memulai : Di rumah Pierre Omidyar

eBay
Tidak banyak situs di internet yang dapat mengatakan dirinya sukses seperti yang dimiliki oleh eBay. Nama eBay digunakan pertama kali untuk sebutan Echo Bay Technology. Ketika perusahaan mencoba untuk mendaftarkan nama domain echobay.com, mereka menemukan bahwa hal itu sudah digunakan. Kemudian mereka memendekkan namanya menjadi eBay.com dan dari sinilah situs ini dilahirkan.

Website: Voltage
Pendiri: Rishi Kacker dan Matt Pauker
Tempat memulai : Dalam sebuah ruang bawah tanah bangunan teknik

voltage
Rishi Kacker dan Matt Pauker bekerja pada perusahaan teknologi sebagai proyek riset musim panas. Mereka mengikuti sebuah kompetisi rencana bisnis dan akhirnya mereka memenangkan kontes tersebut. Dengan bantuan beberapa eksekutif berpengalaman, keduanya telah menciptakan keamanan yang mengembangkan bisnis perangkat lunak dengan lebih dari 130 pelanggan bisnis dan 75 karyawan.

Nah lho… bagaimana menurut anda mengenai 7 situs diatas, apakah mungkin hanya dari tempat-tempat seperti itu situs-situs tersebut bisa menjadi besar seperti keadaan mereka sekarang ini. Dan jawabannya adalah : Itu Mungkin Terjadi. Ada sudah melihat buktinya sekarang bukan, seperti apa kondisi tempat mereka membangun situs mereka sehingga menjadi besar seperti sekarang ini. :)

Sayapun juga memulai membangun bisnis saya sekarang bukan dari sebuah tempat atau dari rumah yang mewah, saya hanya memulai bisnis saya ini dari sebuah kamar kos :) .  Yang itupun kamarnya juga tidak begitu mewah, bahkan hasil yang saya dapatpun tidak saya belikan barang-barang mewah. Namun justru tersimpan rapi dalam tabungan…hehehe, maklum, saya kan masih bujang jadi belum berniat membeli barang-barang mewah… ditabung aja dulu untuk masa depan dan mengembangkan usaha lainnya.  :)

Semoga postingan ini kembali memberikan inspirasi dan suntikan semangat pada anda, khususnya bagi anda yang ingin serius dalam bisnis online. Kita buktikan bahwa siapapun… apapun keahliannya… bagaimanapun kondisi ekonominya saat ini, asalkan ia punya NIAT, MAU BELAJAR, dan BERANI ACTION maka kita pasti bisa menjadi seperti apa yang diraih oleh orang-orang yang saya sebutkan dalam postingan saya kali ini. :)

Sebelum anda memulai ACTION anda selanjutnya… akan lebih bijak jika anda memberikan tanggapan anda atas postingan ini, apapun yang anda pikirkan… silahkan masukkan dalam kolom komentar dibawah. :)

Pasti Bermanfaat… Keep ACTION.

Leave a Reply