Conversion Rate vs Traffict… Jangan Bangga Dengan Jumlah Pengunjung Website Yang Besar

Mungkin anda juga tahu dan merasakan.. bahwa dunia internet marketing saat ini telah penuh sesak dengan berbagai strategi marketing online. Tak terhitung sudah berapa banyak orang yang membuat tulisan dan atau membahas topik tentang strategi internet marketing yang handal di situsnya masing-masing, strategi internet marketing terbaru tentunya. Isinya pun mulai dari pembahasan tentang bagaimana cara pencarian trafik melalui teknik SEO, PPC, iklan baris, Social Media, dls.

Semua berkutat pada pembahasan bagaimana strategi marketing untuk bisa mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Padahal masih sangat banyak aspek di luar itu yang juga harus diperhatikan. Meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa traffict adalah urat nadi dalam bisnis kita di internet.

Seperti yang saya bilang tadi, sebenarnya masih ada berbagai hal yang sebaiknya kita perhatikan dan prioritaskan dalam kegiatan marketing kita di internet. Salah satunya adalah Conversion Rate.

Nah lho… Apa itu Conversion Rate?

Conversion Rate atau Tingkat Konversi (dalam konteks dunia internet marketing) merupakan persentase dari jumlah pengunjung website kita yang kemudian melakukan tindakan tertentu yang kita inginkan. Entah berupa tindakan pembelian, pengisian form, pendownload-an, atau hal lain apapun yang kita tujukan dari kedatangan mereka ke situs kita.

Sekali lagi… tindakan yang dimaksud disini bisa apapun atau bermacam-macam jenisnya tergantung tujuan dari dibuatnya website kita. Misalnya, pada website e-commerce tindakan yang diinginkan biasanya adalah pemesanan produk. Bagi website seorang penulis majalah online, tindakan yang diingkan bisa saja berupa pendaftaran berlangganan tulisan melalui RSS atau Email Subscribtion. Sedang bagi situs/blog yang dimonetize dengan iklan slot, pasti yang diinginkan adalah dilakukannya KLIK pada iklan yang terpasang. Dan masih ada lagi berbagai tujuan yang lain…

Ukuran Conversion Rate (CR) dapat dilihat atau dihitung dengan cara membandingkan jumlah pencapaian tujuan yang didapat vs Total jumlah pengunjung (traffict).

[box type=”yellow” title=”Secara singkat CR dapat dilihat formulanya sebagai berikut:” icon=”wordpress.png” width=”600″ ]Jumlah Pencapaian Tujuan : Traffict = Conversion Rate (CR). Semakin tinggi Conversion Rate (CR) sebuah website berarti semakin sukses website tersebut dalam mencapai tujuannya. Sebaliknya, tingkat konversi yang rendah dapat menjadi tolak ukur kelemahan dari website tersebut. Semoga anda bisa menangkap poinnya.[/box]

Nah, dari sini kita tahu… bahwa kesuksesan sebuah website ternyata tidak “mutlak” diukur dari jumlah pengunjungnya setiap hari atau bulan, tapi juga dilihat dari Conversion Rate (CR) yang didapat.

Pengunjung banyak tapi tujuan yang ingin didapat sedikit hasilnya… maka website tersebut belum bisa dibilang berhasil. Pengunjung sedikit tapi tujuan yang ingin didapat besar hasilnya… maka inilah yang bagus. Tapi bila Pengunjung sedikit dan tujuan yang ingin dicapai juga sedikit hasilnya… maka itu “apes” namanya

Conversion Rate ini merupakan salah satu poin yang jarang diperhatikan oleh para “pemula” dalam internet bisnis. Banyak internet marketer “muda” yang lebih terfokus pada pencarian traffict sebanyak-banyaknya. Padahal ratusan, ribuan, jutaan, atau milyaran traffict tersebut (hahaha… ada gak ya situs yang traffict-nya milyaran per hari?) akan menjadi sia-sia saja jika si pengunjung tersebut tidak melakukan apa yang kita inginkan. Meski (sekali lagi) tidak bisa dipungkiri bahwa traffict besar memberikan kemungkinan hasil yang lebih banyak.

Saya coba berikan sebuah contoh penghitungan Conversion Rate… semoga bisa diterapkan dalam situs kita.

Misalnya, ada sebuah toko online atau e-commerce yang setelah oleh pemiliknya dilakukan pengiklanan yang super duper masif di berbagai media di internet… akhirnya bisa mendapat 1 juta kunjungan per hari. Namun, penjualan dari toko online itu ternyata tidak lebih dari 10 transaksi penjualan per hari (ambil angka mudah saja).

Apa ada yang salah dengan ini?

Ya ada tentunya… masa dengan memiliki pengunjung 1 juta setiap hari tapi yang membeli cuma 10 orang?. Yang salah disini tentu adalah Conversion Rate-nya.

Jika dihitung dengan menggunakan formula CR yang saya sebutkan diatas tadi, maka Conversion Rate (CR) dari toko online tersebut adalah :

Jumlah Pencapaian Tujuan : Traffict = Conversion Rate (CR)

10 : 1.000.000 = 0.00001 %

Sangat kecil sekali Conversion rate tersebut… baiknya CR yang kita dapet minimal adalah 1% – 3%. Artinya dari 100 pengunjung minimal kita memperoleh 1 – 3 orang yang melakukan tindakan yang kita inginkan. Lebih dari itu akan lebih baik tentunya

Nah.. oleh sebab itu, strategi marketing online yang baik tidak boleh hanya berorientasi pada jumlah traffict yang besar saja, melainkan juga harus memperhatikan bagaimana agar Conversion Rate yang dihasilkan juga besar.

Mungkin saya tidak menjabarkan secara gamblang bagaimana saja teknik meningkatkan CR yang bagus, karena itu akan sangat kompleks dan bermacam-macam caranya tergantung dari jenis website kita. Saya harap anda mau inisiatif mencari informasinya di internet, sesuaikan dengan jenis website anda. Be active and creative..!!

Tak lupa saya juga berharap anda mau inisiatif memberikan komentar atau feedback dari tulisan saya ini di kolom komentar.. hehehe. Jadi jika ada yang salah atau kurang dalam posting kali ini silahkan ditambahi, ayo share pengetahuan kita.

Salam Hangat… Keep ACTION

Leave a Reply