Membangun Website Bisnis di Internet yang Powerful & Profesional

Untuk memiliki bisnis di internet maka pastinya kita harus tahu produk apa yang harus kita jual, bagaimana membuatnya, atau dimana bisa mendapatkannya jika kita tidak bisa membuatnya. Dan yang lebih penting lagi… kita harus memiliki website untuk menjual semua produk tersebut.

Bagaimana cara mudah membuat website untuk bisnis online? Ah, gampang itu.

Saat ini dunia internet marketing sedang mendapatkan “berkah”-nya, sehingga orang (pemilik usaha) beramai-ramai memasang produk-produknya di internet, dan akhirnya beramai-ramai pula mempertanyakan bagaimana cara bikin website untuk bisnis mereka.

Lha.. hubungannya apa? Sebagai media promo dan jualan di internet dong.

Membuat website terlihat sulit untuk banyak orang. Mereka berpikir bahwa membuat website memerlukan sebuah keahlian khusus yang tidak mudah dipelajari dalam waktu yang instan. Seperti tentang pemrograman, desain, dls.

Tahukah Anda… itu pendapat yang keliru sebenarnya. Anda sebenarnya dapat dengan mudah membuat sebuah website dan menghasilkan uang untuk anda dari bisnis anda tersebut. Ya tergantung anda mau percaya atau tidak, dan juga tergantung anda mau melakukannya atau tidak.

Penghasilan terus mengalir dari internet tanpa kita harus bekerja “membanting tulang” dan menghabiskan banyak waktu.

Bagaimana Membuat Website (Dahulu dan Sekarang)

Dahulu hanya programer atau teknisi website yang benar-benar memahami pembuatan script saja yang bisa membuat website. Memang benar benar sih… . Sekarang, anda tak perlu pusing dengan berbagai bahasa pemrogaman. Anda dapat membuatnya hanya dalam waktu kurang dari sehari tanpa harus memiliki segala keahlian tersebut.

Pasti anda berfikir.. “sewa orang untuk buatin?”.

Bukan, itu memang salah satu caranya (kalau anda punya banyak uang). Tapi ada cara yang lebih simpel dan mudah… namun tetap powerful, sangat powerful malah. Yaitu dengan membuat Blog!

Masih nggak tahu cara membuat Blog?

Keperluan untuk Website Bisnis

Ya.. yang saya utarakan ini adalah keperluan untuk membuat website bisnis, sekali lagi… website bisnis!! Bukan website pribadi yang hanya untuk ajang keren-kerenan. Karena website bisnis harus dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat profesional dan efektif untuk mencapai tujuan kita.

Ada tiga unsur utama yang harus anda ketahui dalam pembuatan website bisnis.

1. Domain

Domain adalah nama atau alamat sebuah website yang digunakan orang untuk bisa menuju dan membuka isi website yang Anda buat. Pakailah nama domain yang sesuai dengan jenis bisnis Anda, belilah domain .Com, . Net, . Info, . Org, atau Top Level Domain lainnya. Jangan memakai domain gratisan, apalagi sub domain dari penyedia jasa blog gratis (seprti .blogspot.com, atau .wordpress.com)

Apakah ini wajib..?

WAJIB sekali… alasannya apa?. Sudahlah… pokoknya wajib aja, hehehe. Karena dalam bisnis butuh keprofesionalan dalam pengelolaannya, termasuk dalam bisnis online. Dan salah satu wujud profesionalisme bisnis dalam dunia internet marketing adalah dalam penggunaan domain, khususnya Top Level Domain.

Simpel saja… mana mungkin orang akan percaya pada kita, kalau sebagai pebisnis kita mengeluarkan modal kecil untuk beli domain aja nggak mau?. Pebisnis nggak mau keluar modal jadinya.

Ibaratnya lagi, lebih terjamin mana… anda beli sebuah produk “berharga” pada seorang pribadi yang nggak anda kenal, atau pada sebuah sebuah perusahaan yang sudah memiliki nama PT atau CV ?. Nah… .Com atau .Net itu ibaratnya adalah seperti PT atau CV dalam sebuah nama perusahaan yang menjalankan usahanya secara profesional.

2. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Agar website Anda bisa muncul di internet, file-file website Anda harus disimpan di sebuah server hosting.

Kenapa perlu memiliki hosting sendiri? Apakah ini juga wajib…

Iya… ini juga wajib. Namun utamanya bukan untuk masalah profesionalitas saja, tapi lebih untuk menjamin keberlangsungan dan kelancaran usaha anda di internet.

Hosting ini ibaratnya seperti sebuah ruko atau tempat usaha untuk meletakkan dan mendisplay berbagai produk anda. Agar usaha anda bisa terus berlangsung tanpa takut akan terkena “penggusuran”, maka sebaiknya anda memiliki tempat sendiri untuk usaha anda tersebut. Anda akan bebas mengaturnya, dan akan bebas memasarkan berbagai produk sebanyak yang anda suka.

jadi lebih baik memiliki hosting sendiri untuk website anda, daripada mendompleng pada situs lain. Iya kalau situs tersebut online terus… kalau situs tersebut ditutup oleh pemiliknya, maka tutup pula usaha anda.

3. Software (script) Website

Software untuk website ada yang sumbernya tertutup ada yang terbuka (dapat diambil gratis), seperti wordpress. Anda bisa menggunakannya sebagai software pembangun website anda. Anda tinggal menginstallnya di hosting , sehingga orang lainpun bisa mengakses bisnis anda dengan menggunakan domain anda.

Nggak tahu bagaimana cara install softwrae website wordpress di hosting?

Jika Anda sudah siap membuat sebuah website, anda tinggal memulai bisnis di internet anda secepatnya. Ya, secepatnya! atau anda masih saja bingung?

Biar nggak bingung terus… saya ada tipsnya. Mulai satu langkah pertama anda (apapun itu), yang penting jalan dulu, selebihnya dipikirkan sambil jalan. Jangan semua dipikirkan sekarang… ya pantas saja kalau anda jadi bingung terus kalau begitu.

Bisnis online, bagaimanapun saya yakin akan selalu menguntungkan. Namun bukan berarti tanpa resiko rugi lho ya… karena bagaimanapun setiap bisnis pasti akan selalu diikuti oleh untung/rugi. Namun demikian resiko rugi dalam bisnis online akan sangat lebih kecil daripada resiko rugi dalam bisnis offline.

Cara kerjanya praktis, tanpa risiko membawa atau men-stock barang-barang anda. Anda bahkan mampu menjual produk-produk afiliasi dan menghasilkan uang tanpa proses pengiriman atau pembuatan produk. Anda tinggal menjual produk orang lain melalui website anda. Dan…. anda hanya tinggal memulainya sekarang!

Tips saya jika anda membuat website

  • Buatlah website yang unik, yang berbeda dan tidak meniru tampilan yang sudah ada. Kalaupun menggunakan template yang sama… usahakan ada yang berbeda dari website anda, apapun itu!.
  • Perhatikan komposisi warna yang Anda buat. Gunakan corporate colour, atau warna cermin perusahaan anda sebagai warna utama.
  • Gunakan tampilan website yang mudah diingat dan enak dilihat oleh pengunjung. Anda cukup memerhatikan kerapian, keruntutan, dan konten yang informatif. Jangan meletakkan hal-hal yang rumit dan terkesan “mengotori” website anda.
  • Pakailah font tulisan pada website anda yang mudah dan nyaman dibaca oleh pengunjung. Jangan terlalu kecil atau besar. Jangan memilih font yang aneh-aneh dan terlalu artistik, gunakan font yang biasa saja. Kecuali usaha anda andalah usaha bidang Kreatif.
  • Letakkan link dan banner pada tempat yang tepat sehingga dapat dengan cepat dan mudah diakses oleh pengunjung.

Nah.. siap membangun website bisnis anda? Atau anda masih lebih memilih untuk bingung terus?. Kalau masih bingung dan ingin bertanya, silahkan sampaikan dikolom komentar aja.

Salam Hangat… Keep ACTION

Leave a Reply