Tips Memilih Desain Situs Web atau Blog yang Menarik dan Berkarakter

Desain situs adalah elemen penting dalam menilai seberapa menarik dan berkualitasnya suatu situs website atau blog anda. Meski ini bukanlah hal utama yang harus dipenuhi, namun akan lebih bagus lagi jika masalah desain situs ini juga kita perhatikan dalam situs kita masing-masing. Tidak peduli platform dasar apa yang anda pakai dalam membangun situs/blog anda (Joomla, WordPress, Drupal atau CMS lainnya).

Anda tentunya juga merasakan, bahwa jika kita mengunjungi sebuah situs yang selainnya isinya bermanfaat buat kita dan situs tersebut memiliki sebuah tampilan desain yang menarik, maka kita pasti akan betah menjelajahi halaman-halaman di situs tersebut. Nah, jika anda berhasil memilih desain situs yang sesuai, maka situs anda bisa terlihat professional dan akan menghilangkan kesan bahwa situs anda dibangun dengan “ala kadarnya”. :)

Anda tahu apa yang bisa dilakukan desain blog anda terhadap para pengunjung ?

Desain sebuah situs bisa berbicara banyak hal, dan kadang memang tidak mudah untuk dipahami semua orang. Jika pengunjung anda adalah penyuka keindahan, maka ia akan menyukai blog anda jika blog anda tersebut memiliki tampilan yang menarik, meski mungkin tidak terkesan glamour. Namun jika pengunjung anda adalah lebih suka informasi dari situs/blog anda daripada desain, maka yang bisa membuatnya betah adalah content situs/blog anda yang bisa bermanfaat baginya.

Nah, bagaimana jika pengunjung anda adalah penyuka keindahan dan informasi yang bermanfaat ?. Tentunya dengan memiliki sebuah blog yang memiliki desain yang bagus dan content yang bermanfaat, maka itu adalah kombinasi yang sangat kuat untuk membuat blog anda jadi disukai banyak orang.

Namun kadangkala ada kesalahan yang dilakukan oleh para pemilik blog terkait penerapan atau pemilihan sebuah desain tampilan bagi blsitus mereka. Karena sedikit saja salah dalam mengaplikasikan atau memilih tampilan bagi situs anda, maka situs justru akan terlihat aneh. Biasanya masalah yang terlihat adalah ketidaksesuain antara pemilihan bentuk desain dengan tema situs. Seperti misalnya ada sebuah blog yang bertema Bisnis… namun desain tampilan yang digunakan berbau olahraga. :)

Antara tema blog dan desain blog adalah ibaratnya seperti jenis pekerjaan anda dengan penampilan anda. Antara jenis pekerjaan dengan penampilan harus “match” atau sesuai. Misalkan anda bekerja sebagai karyawan kantor, maka penampilan anda harus mencerminkan bahwa anda adalah seorang karyawan yang bekerja dikantor, misalkan dengan memakai baju hem, celana kain, sepatu, dls. Jangan sampai anda bekerja sebagai seorang karyawan kantor, namun penampilan anda dikantor seperti seorang olahragawan, yang memakai kaos, celana, dan sepatu olah raga untuk bekerja.

Tidak match bukan ? :)

Demikian pula dalam pemilihan tampilan bagi situs/blog kita, kita harus pandai-pandai memilih desain yang sesuai dengan tema situs atau bisnis kita. Pilihlah desain yang selain bagus tapi juga mampu mencerminkan blog anda sehingga bisa menampilkan karakter dari blog anda.

Namun tidak perlu khawatir, karena untuk dapat menentukan desain situs yang bagus dan baik anda tidak harus menjadi seorang seniman atau lulusan fakultas desain visual. Saya memiliki beberapa tips sederhana yang biasa saya terapkan dalam setiap situs yang saya bangun. Dengan berpatokan pada beberapa hal sederhana di bawah ini, maka anda pun dapat memilih sendiri desain situs mana yang cocok dan pas untuk situs anda.

Namanya juga tips, jadi cocok tidaknya kembali ke selera anda :) .

Berikut tips sederhana saya untuk memilih desain situs yang baik dan cocok :

  1. Perhatikan pemilihan dan kombinasi warna. Jangan sampai warna yang anda pilih bertabrakan, dalam artian terlihat begitu kontras. Atau sebaliknya, sangat redup dengan perpaduan warna yang aneh yang bukannya enak dilihat, namun justru membuat mata jadi sakit melihatnya. Jika warna dasarnya gelap, maka pilihlah warna depan yang lebih terang sehingga bisa terlihat/terbaca. Jika anda mendasain sendiri gambar-gambar pendukung untuk ditampilkan di situs, maka buatlah dengan warna yang cocok dengan warna dominan di situs anda.
  2. Perhatikan gambar-gambar pendukung. Sebagai contoh, jika anda membangun sebuah situs kuliner, maka gambar-gambar pendukung yang seharusnya ada adalah gambar-gambar makanan dan bukannya gambar hewan. Meski mungkin kuliner anda berbicara masalah daging hewan tertentu. Pilih juga warna dan bentuk gambar yang sesuai dengan warna latar dan space yang tersedia, sehingga bisa proporsional.
  3. Perhatikan penggunaan font. Baik dari ukuran maupun pemilihan jenis font, haruslah yang proporsional dan nyaman untuk dibaca semua orang. Gunakan font-font yang umum dan mudah dibaca orang lain, jangan gunakan font yang terlalu artistik untuk blog yang bertema non-desain. Jangan menggunakan terlalu banyak jenis font dalam satu situs. Seperti blog ini, saya hanya menggunakan 2-3 jenis font, utamanya yakni font Verdana untuk artikel, dan Trebuched untuk judul.
  4. Perhatikan tata letak ruang/space. Jaga kerapian dan keseimbangan di blog anda dengan menata space yang proporsional untuk tulisan dan space untuk gambar. Susunlah serapi dan sebagus mungkin sehingga orang juga senang merasakannya.
  5. Perhatikan kerapian blog dengan meletakkan segala bentuk elemen pendukung di tempat yang tepat. Jika anda memiliki banyak banner dan iklan teks, maka letakkan banner dan iklan-iklan tersebut ditempat yang tepat, mudah dan enak dilihat. Jangan meletakkan terlalu banyak banner dan iklan dalam satu blog, dan jika ada susunlah sedemikian sehingga terlihat rapi dan tidak terkesan “berserakan”, kecuali jika situs anda memang 100% untuk tujuan mendapatkan profit dari pemasangan banner dan iklan teks.

Demikian tadi beberapa tips sederhana memilih desain untuk situs. Semoga dengan tips sederhana tadi, setiap situs anda dapat benar-benar mewakili apa yang ingin anda publikasikan melalui dunia web.

Sekali lagi ini hanyalah sebuah tips, bisa cocok bisa tidak dengan anda… tergantung selera anda.

Dan sekali lagi, silahkan berikan komentar anda tentang tips ini. Baik kritik, masukkan, maupun tambahan tips dari anda. :)

Pasti Bermanfaat… Keep ACTION.

 

Leave a Reply